Bagian Umum (13/05/2022). Pada Hari Jum’at tanggal 13 Mei 2022 Pukul 07:30 s.d selesai di Halaman Pemda. Kota Metro diadakan Acara Senam Jantung Sehat yang diikuti oleh Pegawai baik ASN dan THL di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Metro.

Senam jantung sehat adalah olah raga yang disusun dengan selalu mengutamakan kemampuan jantung, gerakan otot besar dan kelenturan sendi, agar dapat memasukkan oksigen sebanyak mungkin ke dalam tubuh.

Dalam sambutannya Ketua Jantung Sehat Kota Metro Ibu Silviani Naharani mengatakan “ Senam jantung sehat bertujuan merawat jantung dan pembuluh darah. Pembuluh darah yang sehat, membuat kerja jantung menjadi optimal, karena kedua organ tersebut bekerja saling berhubungan “.

Manfaat Senam Jantung Sehat untuk jantung, antara lain:

1. Memperbaiki denyut nadi

Manfaat Senam Jantung Sehat untuk jantung yang pertama adalah memperbaiki denyut nadi. Salah satu komponen yang amat penting untuk menunjukkan kesehatan jantung adalah denyut nadi. Untuk itu, senam jantung juga ditujukan untuk memperbaiki denyut nadi. Sehingga kesehatan jantung pun terjaga.

2. Melancarkan aliran darah

Fungsi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung sebab bisa mencegah terjadinya penyakit stroke, jantung koroner, dan yang lainnya. Selain itu, juga bisa membantu mengurangi penyumbatan pembuluh darah yang diakibatkan oleh timbunan lemak dan kolesterol yang kini sudah menjadi momok karena gaya hidup yang tidak sehat.

3. Metabolisme berjalan baik

Dapat  menjaga kondisi fisik akan membaik dan metabolisme nya pun bisa membaik.

Sesuai dengan Visi Kota Metro “Terwujudnya Kota Metro Berpendidikan, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya”, dengan misi “Mewujudkan Masyarakat Sehat Jasmani, Rohani, dan Sehat Secara Sosial” maka acara Senam Jantung Sehat ini merupakan salah satu cara menjaga kondisi tubuh seluruh pegawai Pemerintah Daerah tetap bugar. Sehingga dapat melaksanakan segala kegiatan dengan optimal.

Perilaku kehidupan modern seringkali membuat banyak orang minim melakukan aktivitas fisik, baik itu aktivitas fisik karena bekerja maupun berolah raga. Kemudahan sehari – hari karena bantuan teknologi dan minimnya waktu karena banyaknya kesibukan, telah menjadikan banyak orang menjalani gaya hidup yang kurang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.